Peraturan Debate Bahasa Inggris

13 04 2008

Motion :

Topik yang diperdebatkan (Tentu sudah pada tahu…)

Parameter :

Limitation of the argument, yaitu batasan yg harus diberikan oleh team positif agar pembicaraan tidak panjang lebar dan tidak sesuai dengan Motion.

Parameter penting sekali karena dalam perdebatan akan muncul ide-ide baru yang nantinya tidak akan bertemu pada satu titik.Maka gunanya parameter untuk membatasi isi daripada pembicaraan.

Parameter juga bisa digunakan sebagai penjebak apabila team lawan berargumen yg keluar dari parameter anda.

Jika Affirmative Team tidak memberikan parameter maka haknya bisa diambil oleh Negatif Team dan itu sangat berbahaya, karena jalur pembicaraan dipegang oleh team lawan.

Team Split :

Bagian-bagian yang akan di bicarakan oleh masing-masing speaker.

Misalnya : society point of view,Law point of view,Morality point of view,Health pof dll.

Themeline :

Garis besar/inti dari motion yg diambil dari keseluruhan argument

Matter :

Materi yg dismpaikan harus sesuai dan berhubungan dengan motion(jgn keluar jalur)

Manner :

Cara penyampaian argument: sopan,tegas,meyakinkan,suara jgn sampai lembek karena berpengaruh pd kekuatan argument anda,jg BODY LANGUAGE jg sangat penting(jgn tegang seprti patung).

(bisa dengan alittle bit emotion,tapi jangan marah2)

Method :

Metode penyampaian dari 1st speaker-3rd speaker dan pembagian tugas harus jelas.

Ketiga unsur ini mempengaruhi margin dalam penjurian.

Timer :

Ini juga sangat penting waktu semakin panjang makin bagus.

Pengalaman saya : waktu bicara tidak usah terburu2 jika apa yg disampaikan tidak banyak, cobalah mengulur waktu dengan pura2 berpikir(acting),jadi waktu kita yg lama sebelum ketukan harus berhenti akan menambah margin juga dalam penilaian.

Reply Speech:

Kesimpulan dari ketiga argument yg menguatkan. Bisa di bawakan oleh 1st atau 2nd speaker(pembicara ketiga tidak boleh memberikan Reply Spech didlm Australian debate rules.

Perlu diingat dlm penyampaian reply spech jangan sampai membuka kasus/ ide baru.Hanya sebuah penegasan dari argument team saja.

Tugas2 Team Affirmatif

1st speaker: (1st speaker mendapat tugas paling banyak dan jangan ada yg tertinggal)

  1. Introducing team

  2. Giving the motion,parameter,themeline and team split.

  3. argument

Contoh:

Greetings

Good morning/afternoon,ladies and gentleman the member of this house..atau..Madam,Mr.speaker sir the member of this house.

Thankyou for the apportunity that given to me.We are from SMK N 1 Saptosari Wonosari.Lets me to introduce our team.

Me as the 1st speakr,my name is…, Our 2nd speaker is…,and our 3rd speaker is…

Next i would like to give our motion today,our motion today is Thbt our govermnt should take a firm action upon illegal miner.

From that motion we will give our themeline: That we as the affirmatif team absolutly agree that the gvrment must take a firm action to the illegal miner for the goodness of our country.

Then our parameter today is that we just talk about the gold illegal miner in our country(dalam hal ini bs anda ganti dgn pertambangan yg lain,misal: minyak etc.)

(Jadi jika lawan anda sampai bicara soal minyak padahal team anda memberikan pembatasan hanya pada penambangan emas,berarti satu kelemahan dari lawan bisa anda jadikan senjata.Anda bisa langsung nembak bahwa apa yg merka bicarakan lari dari parameter yg anda buat sbg team+)

well,continue to our team split,

Me as the 1fst speaker would like to talk about the effect for Economic point of view,our 2nd speaker would like to talk about the Law pov and the 3rd speaker wldlike to give more proof and summery of our argument. (bisa diganti P.o.v.yg lain, mis: society dll)

And for the reply speech(kesimpulan) will be give by (1st or 2nd )speaker.

Next ladies and gentleman,i would like to give mour argument..(…)silahkan berargument sesuai point of view anda.

Jangan lupa untuk memberikan salam penutup dan ucapan terimakasih (untuk semua pembicara)

2nd speaker:

Tugas:

  1. Rebutle the 1st speaker of Neg Team.

  2. Argument

3rd speaker:

  1. Rebutle the 2nd speaker of Neg team

  2. Memberikan penguatan atas argumen pembicara1 dan 2

  3. Memberikan contoh n bukti yg kuat untuk keseluruhan argument of the team.

Khusus untuk 3rd speaker lebih baik yg bnr2 pandai brbicara dan lebih galak.Karena 3rd spkr adalah ujung tombak dari team anda.jadi 3rd speaker adlh hrs yg pling kuat dlm berargument.

Tugas Untuk Negatif team:

Pada dasarnya sama hanya tidak perlu membuat parameter karena team afirmatif telah menentukan sendiri

Sebagai negatif harus jeli terhadap tugas2 1st speaker of +. Ingat: jika tdk ada parameter anda bisa merebut point itu.

katakan saja mis:

1st speaker of Neg: well because the 1st speaker of affrmtf team didnt give us the parameter,so here i wouldlike to give our parameter today…bla..bla..

Jadi mau tdk mau mereka harus ikut jalur anda.(sesuatu yg sepele dan sangat menjatuhkan posisi lawan krn bisa saja mrk tdk kepikiran tentang batasan pembicaraan yg anda buat, jadi mereka bisa bingung sendiri mengawali argument mereka.)

Seandainya mereka nekat lari tanpa peduli parameter anda,maka itu suatu kesalahan yg besar,berarti perdebatan tdk ada artinya alias cuma bicara sendiri2 dan anda bisa langsung menegurnya.

Jelasnya :

1st speaker: Rebutle of the 1st speaker afrmtf

Pembagian tugas sama sprti diatas

Argument

2nd : rebutle of the2nd spkr of afrmtf

Argument

3rd :rebutle of 3rd speaker of + team

proofing n summery(jgn buat kasus baru)

—————-

Demikian kurang lebihnya untuk Australian debate rules.Ada jg untuk Australasia debate rules yaitu sama dgn diatas hanya saja pd saat masing2 pembicara berargumen, maka pembicara dr tean lawan bisa mendebat secara langsung(debat Kusir).

Misalnya ditengah anda sedang bera argument maka salah satu atau dua..atau bahkan ketiganya dari team lawan akan berdiri sambil mengangkat tangan dan berteriak P.o.i (point of interuption)lalu menyampaikan rebutlenya untuk anda.

Namun cara ini jarang dipakai,hanya kemarin pernah ada di EDC smu-smk seDIY di AKPRIND univ.

About these ads

Actions

Information

29 responses

1 05 2008
denhurd

hmm
setahu saya, Theme Line dulu baru Team Split?

2 05 2008
lepinter

@denhurd
—————-
Yang ada tuh, argumen masing2/bagiannya baru dirumusin jadi satu argumen atau garis-garis besarnya dari motion itu sendiri

2 05 2008
denhurd

bukan, maksudnya menurut sign posting…
TL dulu baru TS…

-=-
Oooo…thx atas in-ponya…
;)

19 09 2008
Via

sebenernya sih, alur debate pada australasia style tidak harus step by step kaya gitu. cara-cara seperti itu memang masih banyak yang menggunakan (termasuk aku juga sih ;) ) tapi banyak juga yang alur penyampaiannya tidak teratur. misalnya langsung masuk argumentasi tanpa introducing, dll. tapi hal itu tidak mengurangi penilaian juri kok, mereka juga dah pada ngerti. yang penting disebutkan definition, limitation dan parameternya saja oleh team affirmative. basa basi seperti introducing, greeting dll itu gak terlalu penting, lebih baik menambahkan materi agar lebih bagus. karena persentase matter kan lebih banyak dari pada manner, perbandingannya 2:1. tapi kalo kita lemah di matter berarti mannernya yang harus lebih kita tingkatkan supaya gak terlalu jatuh.

chayo debaters smk! ;)

11 11 2011
rinaldofirman

nih vivia ya ?

16 12 2008
yendra

bukan berarti introducing gak penting dibanding memberikan argumentasi secara langsung. apabila matter yang ingin kita sampaikan tidak terlalu banyak, mengulur waktu dengan introducing merupakan salah satu alternatif nambah point lewat waktu. so, introducing is as important as the matter one.

9 01 2009
widya

emmmm,,,,stw sy 1st speaker harus mnjelaskan definisi kn?????

11 02 2009
Heru Prasetyo

MANG BETUL BEGITU YA

26 05 2009
lutfi

wah caranya udah bagus, tapi sebagai pemula aku boleh minta detailnya nggak??..

balezzz cuiiyy :)

24 09 2009
anonymous

thanks untuk infonya. Jadi yang bener TL dl ya br TS ? Saya lagi baru belajar debat.

24 07 2010
putu dika syntaxis

our bedating in our mind….
yeach, bagus juga artikelnya ini..hehhee…gimme some new preception…yeach..hehehe

3 08 2010
tetty

i still confuse about debate?? kadang pake THW dll itu maksud nya apa

26 11 2010
wuLn

ribet ah.. kagak ngarti…!!!

1 01 2011
supian syah

aku debater pemula nich diminta ma temen sekelas, tapi aku masih bingung, bisa minta contoh video debatnya gak, thanks anyway

15 03 2011
repa

apakah di dbt juga diperlukan latar belakang motion…. ?7

24 06 2011
basyir89

can u give debate entitle ‘development can kill environment?
tq….

12 10 2011
walidawahid

nice having great information with you guys…debaters!!! chayyooo

11 11 2011
rinaldofirman

fir,keren wakkk ajj ambil bhan dr blog u :D

11 11 2011
Zhapuetry Fitriani

firman..thanks ya info na.. :))
akk lg btuh tuh

23 12 2011
Iena veinuws poetriAries

Kayak’nya Q harus bnyak bLajar lagi tentang debat bhs.inggris menghadapi PORSENI nanti..

29 06 2012
IMAM SUPRAPTO

SMK Di Semarang setiap tahun pasti ada lomba, Bagus!!! tapi yang jadi masalah bukan pesertanya dengan materi dan penampilannya, tetapi para pemenangnya pasti dari sekolah yang guru/pelatihnya dekat/kenal dengan juri-jurinya. Mereka selalu ngglibet keruang juri…akibatnya bisa ditebak… mereka selalu menang….sialan….. mental Manusia sekarang memang baru sampai level segitu….. mengendorkan semangat juang….

2 09 2012
yudhi faisal arpa

thank you

29 09 2012
thiya

thank ea bwt infox,,

30 10 2012
wahyu rahmadana

sangat berguna besok mw OSN tingkat SMK debate bahasa inggris

2 12 2012
musfirahsufyan

ada yang tahu tentang AREL gk??
mohon infox :)

18 12 2012
adi

thx infonya, berguna sekali karena besok pgi saya berlomba debate…

21 01 2013
Imam Hanafi

thank’s for giving some rule how to be good debter….l wish it will become benefit to join in debate competation later….and hopness always succes as blogger….

2 07 2013
Orlando Chiropractor

When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each
time a comment is added I get four emails with the same comment.
Is there any way you can remove people from that service? Many thanks!

11 10 2013
farit umar

Mohon ijin copas n trims banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: